Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Fillsafat

 

 

 AL-QUR’AN DAN ILMU FILSAFAT

Al-Qur’an Surah ‘Al-Baqarah Ayat 163

Teosentrisme

:

:

“Keesaan”

MONOTEISME

Terjemahan : “Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Penjelasan : Monoteisme adalah suatu kepercayaan yang berpendapat bahwa hanya ada satu Tuhan yang esa dan berkuasa penuh atas segala sesuatu.

.

Al-Qur’an Surah ‘Al-Anbiya Ayat 30

Logosentrisme

: [No Image]

:

.

“Keilmuan”

FENOMENALISME

Terjemahan : “Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?”.

Penjelasan : Fenomenalisme adalah suatu pemahaman, penerimaan, dan pengakuan bahwa fenomena atau gejala alam sebagai sumber pengetahuan dan kebenaran.

.

Al-Qur’an Surah Yasin Ayat 38

Kosmosentrisme

: [No Image]

:

.

“Kesemestaan”

HELIOSENTRISME

Terjemahan : “dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.”

Penjelasan : Heliosentrisme adalah adalah suatu pemahaman, penerimaan dan pengakuan bahwa matahari merupakan pusat dari segala objek yang ada di tata surya, seperti planet.

.

Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 13

Antroposentrisme

: [No Image]

:

.

“Keberagaman”

PLURALISME

Terjemahan : “Hai Manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Penjelasan : Pluralisme adalah suatu pemahaman, penerimaan dan pengakuan adanya perbedaan untuk mencapai kesepakatan bersama.

.

Al-Qur’an Surah Ali 'Imran Ayat 195

Sosialisme

: [No Image]

:

.

“Kesetaraan”

EGALITARIANISME

Terjemahan : “Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Seusungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik.”

Penjelasan : Egalitarianisme adalah suatu pemahaman, penerimaan dan pengakuan bahwa setiap orang memiliki kedudukan dan kesetaraan yang sama.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

 

Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Fillsafat Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Fillsafat Reviewed by Muhammad Rizal on December 27, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments