Top 5 Tokoh Filsafat Abad Yunani Kuno

 

 

 TOKOH FILSAFAT YUNANI KUNO

Thales dari Miletos

Pendiri Filsafat Milesian

: [No Image]

:

.

Turkiye, 624-546 SM

THALES

Thales adalah seorang saudagar yang sering berpergian sembari belajar di persinggahannya. Thales juga dikenal sebagai pendiri sekolah filsafat di Ionia di Miletus.

Logosentrisme adalah suatu pandangan metafisika yang berpendapat bahwa kebenaran transendental di balik segala hal yang terjadi di dunia secara fenomenal. Artinya dasar segala pikiran dan tindakan adalah kebenaran yang sesungguhnya.

.

Socrates dari Athena

Pendiri Filsfat Etika

: [No Image]

:

.

Yunani, 469-399 SM

SOCRATES

Socrates adalah seorang filsuf bidang etika dan pendobrak keterbelakangan corak berpikir bangsa Yunani yang dipengaruhi sofistik yang cenderung membenarkan apa yang tidak benar.

Antroposentrisme adalah suatu pandangan etika yang berpendapat bahwa manusia sebagai pusat dari sistem alam semesta. Artinya manusia dan kepentingannya dapat menentukan tatanan ekosistem dan dalam kaitan dengan alam baik secara langsung maupun tidak langsung. 

.

Plato dari Athena

Pendiri Akademi di Athena

: [No Image]

:

.

Yunani, 427-347 SM

PLATO

Plato adalah seorang filsuf bidang matematika dan murid dari Sokrates. Plato juga dikenal sebagai pendiri Akademi atau Hecademus yang tercatat sebagai sekolah tinggi pertama.

Platonisme adalah suatu pandangan yang didasarkan pemikiran Plato yang berpendapat bahwa objek matematika memiliki eksistensi objektif yang nyata dalam beberapa wilayah ideal. Menurutnya dunia yang nyata adalah dunia ide atau bentuk yang merupakan asal dari segala sesuatu yang terlihat di dunia material. 

.

Aristoteles dari Stagira

Pendiri Sekolah Peripatetik di Athena

: [No Image]

:

.

Yunani, 384-322 SM

ARISTOTELES

Aristoteles adalah …

Peripatetisme adalah ...

.

Zeno dari Citium

Pendiri Sekolah Stoik di Stoa Poikile

: [No Image]

:

.

Yunani, 334-262 SM

ZENO

Zeno adalah ...

Stoikisme adalah ...

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Tokoh Filsafat Abad Yunani Kuno Top 5 Tokoh Filsafat Abad Yunani Kuno Reviewed by Muhammad Rizal on November 11, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments