Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Pengetahuan

 

 

 AL-QUR’AN DAN SAINS

Al-Qur’an Surat Al-Insan Ayat 2

Cabang Ilmu Biologi

:

.

“Ilmu Pembentukan Organisme”

EMBRIOLOGI

Terjemahan : “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.”

Penjelasan : Teori Hereditas Mendel atau pewarisan sifat yang dikemukakan oleh Gregor Johann Mendel pada tahun 1865. Menurutnya bahwa terbentuknya janin berasal dari air mani yang bercampur.

.

Al-Qur’an Surat ‘Al-Anbiya Ayat 30

Cabang Ilmu Astronomi

: [No Image]

:

.

“Ilmu Pembentukan Alam”

KOSMOLOGI

Terjemahan : “Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?.”

Penjelasan : Teori Big Bang atau ledakan dahsyat dikemukakan oleh Abbe Lemaitre pada tahun 1920. Menurutnya bahwa alam semesta berasal dari suatu ledakan dahsyat yang terjadi sekitar 13,8 miliyar tahun yang lalu.

.

Al-Qur’an Surat Al-Hajj Ayat 29

Cabang Ilmu Matematika

: [No Image]

:

.

"Ilmu Pembentukan Organisme

GEOMETRI

Terjemahan : “Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran (yang ada di badan) mereka, menyempurnakan nazar-nazar mereka dan melakukan tawaf sekeliling rumah tua (Baitullah).”

Penjelasan : Thawaf memiliki korelasi dengan geometri yang membahas tentang berjalan mengelilingi Ka’bah. Dalam geometri, lingkaran memiliki rumus luas atau keliling lingkaran yang selalu digunakan disebut phi yang besarnya mendekati 22/7 atau 3,14. Surah yag artinya haji adalah surah ke-22 dan Thawaf membentuk lingkaran dengan mengelilingi sebanyak 7 kali.

.

Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 10

Cabang Ilmu Geografi

: [No Image]

:

.

“Ilmu Iklim”

KLIMATOLOGI

Terjemahan : “Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.”

Penjelasan : Salah satu contoh klimatologi, Bioklimatologi adalah pembahasan mengenai pengaruh iklim terhadap kehidupan makhluk hidup, seperti kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan.

.

Al-Qur’an Surat Asy Syura Ayat 32

Cabang Ilmu Geologi

: [No Image]

:

.

“Ilmu Permukaan Bumi”

GEOMORFOLOGI

Terjemahan : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung.”

Penjelasan : Teori lempeng tektonik yang dikemukakan oleh Tozo Wilson pada tahun 1965. Menurutnya bahwa kulit bumi terdiri atas beberapa lempeng tektonik yang berada di atas lapisan astenosfer yang berwujud cairan kental.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

 

Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Pengetahuan Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Pengetahuan Reviewed by Muhammad Rizal on December 27, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments