Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Matematika

 

 

 AL-QUR’AN DAN ILMU MATEMATIKA

Al-Qur’an Surah ‘Al-Kahfi Ayat 25

300 + 9 = 309

:

:

“Addition”

PENJUMLAHAN

Terjemahan : “Dan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus dan ditambah sembilan tahun.”

Penjelasan : korelasi ayat ini berhubungan dengan penjumlahan. Diterangkan, kurun waktu pertama ada 300 tahun, dan kurun waktu kedua ada 9 tahun. Maka, 300 + 9 = 309 tahun.

.

Al-Qur’an Surah ‘Al-Baqarah Ayat 261

7 x 100 = 700

: [No Image]

:

.

“Multiplication”

PERKALIAN

Terjemahan : “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui”.

Penjelasan : korelasi ayat ini berhubungan dengan kelipatan. Diterangkan, 1 butir biji = 7 tangkai, dan 1 tangkai = 100 butir biji. Maka, 7 x 100 = 700 butir biji.

.

Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 17

0, 1, 2, 3, …

: [No Image]

:

.

“Whole Number”

BILANGAN CACAH

Terjemahan : “Demi malam yang sepuluh, demi yang genap dan yang ganjil.”

Penjelasan : korelasi ayat ini berhubungan dengan bilangan cacah, artinya bilangan yang dimulai dari bilangan 0 (nol) sampai bilangan tak terhingga, yaitu (0, 1, 2, 3, dan seterusnya). Maka, nol adalah bilangan genap dan satu adalah bilangan ganjil.

.

Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 18

1/0

: [Gambar]

:

.

"Infinite”

BILANGAN ANANTA

Terjemahan : “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Penjelasan : Tak hingga atau tak terhingga adalah suatu istilah untuk menyebutkan bilangan yang sangat besar (tak hingga) atau sangat kecil (negatif tak hingga).

.

Al-Qur’an Surah Al-Hajj Ayat 29

Pi = 22/7 atau 3,14

: [No Image]

:

.

"Bentuk”

BILANGAN PI

Terjemahan : “Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran (yang ada di badan) mereka, menyempurnakan nazar-nazar mereka dan melakukan tawaf sekeliling rumah tua (Baitullah).”

Penjelasan : korelasi ayat ini berhubungan dengan geometri yang membahas tentang berjalan mengelilingi Ka’bah. Dalam geometri, lingkaran memiliki rumus luas atau keliling lingkaran yang selalu digunakan disebut phi yang besarnya mendekati 22/7 atau 3,14. Surah yag artinya haji adalah surah ke-22 dan Thawaf membentuk lingkaran dengan mengelilingi sebanyak 7 kali.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

 

Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Matematika Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Ilmu Matematika Reviewed by Muhammad Rizal on December 27, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments