Top 5 Tokoh Filsafat Abad Modern

 

 

 TOKOH FILSAFAT POLITIK ABAD MODERN

Filosof Inggris

Bapak Liberalisme

: [No Image]

:

.

Inggris, 1632-1704

JOHN LOCKE

John Locke adalah seorang filsuf empiris berkebangsaan Inggris yang mendukung hak asasi manusia dan penulis buku Two Treatises on Government terbit tahun 1690 yang mengemukakan teori kontrak sosial yang menyatakan bahwa kekuasaan pemerintah seharusnya dibatasi dan dijalankan untuk kepentingan rakyat.

Liberalisme berasal dari bahasa latin yakni "libertas" yang artinya kebebasan. Liberalisme adalah suatu pemahaman yang menekankan adanya kebebasan baik hak individu dan hak kepemilikan individu atas harta bendanya seperti tanah, rumah dan barang-barang berharga miliknya. 

.

Filosof Jerman

Bapak Sosialisme

: [No Image]

:

.

Jerman, 1818-1883

KARL MARX

Karl Marx adalah filsuf yahudi berkebangsaan Jerman yang mendukung terbentuknya masyarakat tanpa kelas dan penulis buku Manifesto Komunis yang terbit pada 1848 yang menginspirasi kaum kiri dan kaum proletar (buruh) di seluruh dunia.

Sosialisme adalah suatu pemahaman yang menekankan adanya kemasyarakatan baik hak kolektif dan hak atas kepemilikan kolektif, umum atau publik atas alat-alat produksi, seperti mesin, peralatan dan pabrik termasuk pembagian hasil yang merata.

.

Filosof Afghanistan

Bapak PAN Islamisme

: [No Image]

:

.

Afghanistan, 1838-1897

JAMALUDDIN AL-AFGHANI

Sayyid Muhammad bin Safdar al-Husayn adalah filsuf Islam berkebangsaan Afghanistan yang mendukung persatuan umat Islam di seluruh dunia dan penulis buku Hakikati Madhhabi Naychari wa Bayani Hali Naychariyan terbit pada 1881 yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Arab oleh muridnya bernama Muhammad Abduh dengan judul al-Radd 'ala ad-Dahriyyin atau Refutation of the materialistis yang mengkritik dan menolak terhadap Materialisme.

PAN Islamisme adalah suatu ide atau pemahaman yang mengajarkan tentang persatuan seluruh umat Islam di seluruh dunia dengan menanggalkan atau melepaskan perbedaan warna kulit, etnis da budaya.

.

Filosof Inggris

Ibu Feminisme

: [No Image]

:

.

Inggris, 1759-1797

MARY WOLLSTONE CRAFT

Mary Wollstonecraft adalah filsuf feminis berkebangsaan Inggris yang mendukung kesetaraan gender dan penulis buku Vindication of the Rights of Woman pada 1792 sebagai gagasan feminisme eropa pertama yang menyerukan agar pria dan perempuan mendapatkan kesetaraan pendidikan.

Feminisme adalah suatu ide dan gerakan untuk merumuskan, membentuk dan mempertahankan hak politik, ekonomi dan sosial berdasarkan kesetaraan gender baik antara laki-laki dan perempuan.

.

Filosof Rusia

Bapak Anarkisme

: [No Image]

:

.

Rusia, 1814-1876

MIKHAIL ALEXANDROVICH BAKUNIN

Mikhail Alexandrovich Bakunin adalah filsuf anarkis berkebangsaan Rusia yang mendukung terbentuknya masyarakat tanpa pemerintah atau otoritas dan penulis buku Statisme & Anarki pada 1873 sebagai gagasan kolektivisme anarkis pertama.

Anarkisme adalah suatu ide atau pemahaman politik skeptis yang menginginkan kebebasan setiap individu tanpa adanya negara dan pemerintah yang mengatur.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Tokoh Filsafat Abad Modern Top 5 Tokoh Filsafat Abad Modern Reviewed by Muhammad Rizal on November 11, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments