Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Fenomena di Langit

 

 

 AL-QUR’AN DAN FENOMENA LANGIT

Al-Qur’an Surat Al-Anbiya Ayat 30

Alam Semesta

:

:

“Ledakan Dahsyat”

BIG BANG

Terjemahan : “Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?”.

Penjelasan : Teori Big Bang atau ledakan dahsyat dikemukakan oleh Abbe Lemaitre pada tahun 1920. Menurutnya bahwa alam semesta berasal dari suatu ledakan dahsyat yang terjadi sekitar 13,8 miliyar tahun yang lalu.

.

Al-Qur’an Surat Ar-Rahman Ayat 37

Bintang

: [No Image]

:

.

“Ledakan Bintang”

CAT'S EYE NEBULA

Terjemahan : “Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilauan) minyak.”

Penjelasan : Ledakan nebula di luar angkasa ditemukan pada tahun 1990. Memperlihatkan gambar ledakan bintang raksasa bernama Cat's Eye Nebula yang berjarak 3.000 tahun cahaya dari bumi.

.

Al-Qur’an Surat Yasin Ayat 38

Matahari

: [No Image]

:

.

“Pusat Tata Surya”

HELIOSENTRIS

Terjemahan : “dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.”

Penjelasan : Teori Heliosentris dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus pada tahun 1513. Menurutnya bahwa matahari adalah pusat tata surya.

.

Al-Qur’an Surat Ar-Rahman Ayat 17

Bumi

: [No Image]

:

.

“Garis Cakrawala”

HORIZON

Terjemahan : “(Dialah) Tuhan kedua tempat terbit (matahari pada musim panas dan musim dingin) dan Tuhan kedua tempat terbenam (matahari pada kedua musim itu).”

Penjelasan : Ilmu pengetahuan berpendapat bahwa matahari terbit di satu titik di belahan bumi, maka pada saat yang sama justru matahari tersebut akan terbenam dilihat dari titik belahan lainnya yang letaknya jauh ke arah timur, begitu pula sebaliknya.

.

Al-Qur’an Surat Al-Anbiya Ayat 33

Satelit

: [No Image]

:

.

“Garis Edar”

ORBIT

Terjemahan : “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”

Penjelasan : Teori Astronomia Nova dikemukakan oleh Johannes Kepler  pada tahun 1609. Menurutnya bahwa planet-planet di tata surya tidak hanya berputar di garis edarnya, namun juga berputar pada porosnya.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

 

Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Fenomena di Langit Top 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Fenomena di Langit Reviewed by Muhammad Rizal on December 27, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments