Top 5 Ilmuwan Abad Klasik Paling Berpengaruh

 

 

 ILMUWAN MUSLIM BERPENGARUH DI DUNIA

Penemu Angka Nol

Bapak Matematika Modern

: [No Image]

:

.

Uzbekistan, 780-850

AL-KHWARIZMI

Al-Khwarizmi atau Abu Abdullah Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi adalah matematikawan dari Kwarezm, Uzbekistan dan penulis kita Al Jabar wal Muqabalah atau The Compendious Book on Calculation yang jadi cikal bakal kontribusi di bidang ilmu komputer.

Dikenal sebagai penemu angka nol dan algoritma aljabar yang jadi cikal bakal komputer saat ini. 

.

Penemu Injeksi Pertama

Bapak Kedokteran Modern

: [No Image]

:

.

Uzbekistan, 980-1037

IBNU SINA

Ibnu Sina atau Abu Ali Al Hussain Ibnu Abdullah Ibnu Sina adalah dokter dari Afshana, Uzbekistan dan penulis buku Al-Qanun fit-Tibb atau Code of Laws in Medicine yang jadi cikal bakal kontribusi di bidang ilmu kedokteran.

Dikenal sebagai penemu metode karantina, manfaat etanol, teori penularan TBC dan distilasi uap minyak atsiri dan lain-lainnya yang mendorong kemajuan ilmu kedokteran. 

.

Penemu Kamera Pertama

Bapak Optik Modern

: [No Image]

:

.

Iraq, 965-1040

IBN AL-HAYTHAM

Abu Ali Al-Hasan Ibnu Al-Hasan Ibnu Al-Haytham adalah ilmuwan dari Basrah, Irak dan penulis kitab Al-Manazir atau Book of Optics yang jadi cikal bakal kontribusi di bidang ilmu optik modern.

Dikenal sebagai penemu kamera obscura sebagai kamera pertama di dunia yang jadi cikal bakal kamera modern.

.

Penemu Robot Pertama

Bapak Robotika Modern

: [No Image]

:

.

Turki, 1136-1206

AL-JAZARI

Al-Jazari atau Abu Al-Izz Ismail Ibn Al-Razzaz Al-Jazari adalah ilmuwan dari Cizre, Turki dan penulis kitab fi ma'rifat al-hiyal al-handassiyya atau The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices yang jadi cikal bakal kontribusi di bidang ilmu mekanika.

Dikenal sebagai penemu robot yang memberikan kontribusi di bidang teknologi dengan karya-karyanya, seperti mesin pembakaran (combustion engine), mesin pengangkat air (suction pump), roda gigi, jam gajah dan lainnya.

.

Penemu Rasionalisme Pertama

Bapak Filsafat Modern

: [No Image]

:

.

Spanyol, 1126-1198

IBNU RUSYD

Ibnu Rusyd atau Abu Al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd adalah filsuf dari Kordoba, Spanyol dan penulis kitab Tahafut at-Tahafut atau The Incoherence of the incoherence yang jadi cikal referensi filsafat abad pertengahan.

Dikenal sebagai perintis Rasionalisme Islam yang menghubungkan pemikiran Islam dan barat (aristotelianis) serta mempertahankan akal sebagai kemajuan berpikir.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Ilmuwan Abad Klasik Paling Berpengaruh Top 5 Ilmuwan Abad Klasik Paling Berpengaruh Reviewed by Muhammad Rizal on November 26, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments