Top 5 Tokoh Pahlawan Indonesia

 

 

 TOKOH PAHLAWAN INDONESIA

Tuanku Imam Bonjol

Panglima Perang Minangkabau

: [No Image]

:

.

Sumatra Barat, 1772-1864

MUHAMMAD SYAHAB

Tuanku Imam Bonjol adalah seorang ulama dari keluarga yang memiliki latar belakang religius. Tuanku Imam Bonjol merupakan seorang panglima perang minangkabau melawan kolonialisme Belanda pada tahun 1803.

Perang Minangkabau (1803-1838) adalah perang yang dilatarbelakangi adanya campur tangan politik adu domba yang dilakukan oleh kolonial belanda yang menyebabkan pecah perang saudara yang melibatkan kaum padri yang dipimpin pemuka agama  dan kaum adat di sumatera barat, yang kemudian bersatu melawan kolonialisme belanda pada 11 Januari 1833.

.

Pangeran Dipenogoro

Panglima Perang Jawa

: [No Image]

:

.

Yogyakarta, 1785-1855

RADEN MAS ONTOWIRYO

Pangeran Dipenogoro adalah putra dari Raden Mas Surojo atau Sultan Hamengkubuwono III dari Kesultanan Yogyakarta. Pangeran Dipenogoro merupakan pemimpin perang dipenogoro atau perang jawa melawan kolonisalisme Belanda pada tahun 1825.

Perang dipenogoro atau perang jawa (1825-1830) adalah perang yang dilatarbelakangi penolakan Pangeran Dipenogoro terhadap adanya ikut campur tangan belanda terhadap urusan kesultanan Yogyakarta, yang ingin menguasai tanah-tana milik kesultanan.

.

Teungku Chik di Tiro

Panglima Perang Aceh

: [No Image]

:

.

Aceh, 1836-1891

MUHAMMAD SAMAN

Teungku Chik di Tiro adalah seorang ulama dari keluarga yang memiliki latar belakang religius. Teungku Chik di Tiro merupakan seorang pemimpin perang Aceh melawan kolonialisme Belanda pada tahun 1881

Perang Aceh (1873-1903) adalah perang yang dilatarbelakangi pendaratan dan agresi pasukan kolonial belanda pada 5 April 1873 sebagai upaya belanda untuk menguasai wilayah kesultanan Aceh yang kaya akan rempah-rempah.

.

Pangeran Antasari

Panglima Perang Banjar

: [No Image]

:

.

Kalimantan Selatan, 1797-1862

ANTASARI

Pangeran Antasari adalah seorang Sultan Banjar dari Kesultanan Banjar. Pangeran Antasari merupakan seorang pemimpin perang Banjar melawan kolonialisme Belanda pada tahun 1859.

Perang Banjar (1859-1905) adalah perang dilatarbelakangi adanya campur tangan belanda terhadap urusan kesultanan Banjar, yang ingin memperoleh hak monopoli dagang di wilayah kesultanan Banjar.

.

Kapitan Pattimura

Panglima Perang Maluku

: [No Image]

:

.

Maluku, 1783-1817

THOMAS MATULESSY

Kapitan Pattimura adalah seorang bangsawan dari Kerajaan Sahulau. Kapitan Pattimura merupakan seorang pemimpin perang Maluku melawan kolonialisme Belanda pada tahun 1817.

Perang Maluku (1817) adalah perang yang dilatarbelakangi perlawanan rakyat maluku mengusir belanda karena melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di maluku.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Tokoh Pahlawan Indonesia Top 5 Tokoh Pahlawan Indonesia Reviewed by Muhammad Rizal on October 28, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments