Top 5 Tokoh Kerajaan Indonesia

 

 

 TOKOH KERAJAAN INDONESIA

Raja Kerajaan Hindu Pertama Indonesia

Raja Kerajaan Kutai

: [No Image]

:

.

-

MULAWARMAN

Kerajaan Kutai didirikan oleh Raja Kudungga pada abad ke-4 M. Pada puncak keajayaannya, Kerajaan Kutai mencakup wilayah Kalimantan Timur. Kudungga adalah seorang pribumi dan kepala suku yang kemudian mendirikan kerajaan hindu pertama di nusantara setelah mendapat pengaruh dari India.

Menurut Prasasti Muarakaman II menjelaskan bahwa Raja Mulawarman yang berkuasa pada abad ke-4 M dikenal sebagai raja yang dermawan dan taat beragama hindu yang pernah menyumbangkan 20.000 ekor sapi untuk upacara keagamaan. Raja Mulawarman juga dikenal sebagai penakluk nusantara pertama karena mulai menyerang kerajaan-kerajaan lain disekitarnya.

.

Patih Kerajaan Hindu Terbesar Indonesia

Patih Kerajaan Majapahit

: [No Image]

:

.

Jawa Timur, 1291-1364

GAJAH MADA

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293. Pada puncak keajayaannya, Kerajaan Majapahit mencakup wilayah Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara, Papua, Kepulauan Sulu (Filipina) serta Tumasik (Singapura)

Patih Gajah Mada adalah seorang panglima perang kerajaan Majapahit dan dikenal dengan sumpah palapa-nya yang menyatakan bahwa dirinya tidak akan memakan buah palapa sebelum seluruh nusantara berada di bawah kekuasaan Majapahit. Namun, Sumpah palapa pada akhirnya tidak terwujud sepenuhnya sebab kegagalan dalam peristiwa perang Bubat antara kerajaan sunda dan majapahit pada 1357. Pada akhirnya, Gajah Mada hanya berhasil membawa kerajaan Majapahit menuju masa kejayaannya dan menjadi salah satu kerajaan teresar di Asia Tenggara pada masanya.

.

Raja Kerajaan Buddha Pertama Indonesia

Raja Kerajaan Sriwijaya

: [No Image]

:

.

-

BALA PUTRADEWA

Kerajaan Sriwijaya didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa pada abad ke-7 M. Pada puncak keajayaannya, Kerajaan Sriwijaya mencakup wilayah Sumatra, Sebagian Jawa, Kamboja, Thailand Selatan dan Semenanjung Malaya.

Menurut Prasasti Nalanda menjelaskan bahwa Raja Bala Putradewa yang berkuasa pada abad ke-9 dikenal sebagai raja Jawa dengan gelar Wirawairimathana yang berarti penumpas musuh perwira dan penguasa Suwarnadwipa atau istilah kuno untuk pulau Sumatera.

.

Sultan Kerajaan Islam Pertama Pulau Jawa

Sultan Kesultanan Demak

: [No Image]

:

.

Jawa Tengah, 1483-1546

TRENGGANA

Kesultanan Demak didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1500. Pada puncak keajayaannya, Kesultanan Demak mencakup wilayah Jawa Tengah.

Sultan Trenggana adalah penguasa kerajaan Demak ketiga yang memerintah antara 1521-1546. Sultan Trenggana dikenal karena mengirim pasukannya ke Jawa Barat yang dipimpin Fatahillah seorang ulama dan panglima dalam pertempuran merebut Sunda Kelapa dari tangan penjajah Portugis pada 1527. Kemudian Fatahillah mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakart yang artinya kemenangan penuh.

.

Sultan Kerajaan Islam Terbesar Indonesia

Sultan Kesultanan Aceh

: [No Image]

:

.

Aceh, 1593-1636

ISKANDAR MUDA

Kesultanan Aceh didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1496. Pada puncak keajayaannya, Kesultanan Aceh mencakup wilayah Aceh, Pesisir Sumatra Utara dan Semenanjung Malaya.

Sultan Iskandar Muda yang berkuasa pada 1607 dikenal sebagai Pangeran Muda Aceh karena naik taktha saat berusia sekitar 18-19 tahun. Dalam kepeminpinannya, Sultan Iskandar Muda berhasil memperkuat militer, memperluas wilayah dan membangun pemerintahan yang adil dan berbasis hukum Islam. Pada 1615, Sultan Iskan Muda memimpin ekspedisi terbesar yang pernah dikirim Kesultanan Aceh  untuk menyerang portugis dan berhasil mengusir portugis dari Malaka.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Tokoh Kerajaan Indonesia Top 5 Tokoh Kerajaan Indonesia Reviewed by Muhammad Rizal on October 28, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments