Top 5 Tokoh Militer Indonesia

 

 

 TOKOH MILITER INDONESIA

Panglima Angkatan Perang Pertama RI

Panglima TNI Ke-1

: [No Image]

:

.

Jawa Tengah, 1916–1950

JENDERAL SOEDIRMAN

Jenderal Soedirman adalah perintis taktik perang gerilya saat agresi militer belanda II tahun 1948-1949. Dalam sejarahnya, perang gerilya dilakukan secara berpindah-pindah, bersembunyi-sembunyi, sabotase dan efektif.

Puncak dari perang gerilya Jenderal Soedirman adalah Serangan Umum 1 Maret 1949, dalam Operasi Gerilya Rakyat Semesta di Yogyakarta sebagai upaya merebut kembali Yogyakarta selaku ibu kota negara dan menegaskan kembali eksistensi Tentara dan Rakyat Indonesia kepada dunia internasional.

.

Kepala Staf Angkatan Perang Pertama RI

Kepala Staf Umum TNI Ke-1

: [No Image]

:

.

Jawa Tengah, 1893-1948

JENDERAL OERIP SOEMOHARDJO

Jenderal Oerip Soemohardjo adalah perintis angkatan perang pertama di Indonesia, bernama Tentara Keselamatan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, kemudian berubah menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 3 Juni 1947.

Tentara Nasional Indonesia adalah angkatan bersenjata yang terdiri dari angakatan darat, angakatan laut dan angakatan udara yang bertanggung jawab atas penegakkan kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia.

.

Wakil Panglima Angkatan Perang Pertama RI

Wakil Panglima TNI Ke-1

: [No Image]

:

.

Sumatra Utara, 1918-2000

JENDERAL A.H. NASUTION

Jenderal Abdul Haris Nasution adalah perintis Cadangan Umum Angkatan Darat (Caduad) pada 6 Maret 1961, kemudian berubah menjadi Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) pada 19 Februari 1963.

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat adalah bagian dari komando utama tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat yang bertanggung jawab atas keamanan kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia. Salah satu operasinya, operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) sebagai upaya membebaskan Irian Barat (Papua) dari kolonialisme Belanda pada 19 Desember 1961.

.

Komandan Pasukan Khusus Pertama RI

Komandan Jenderal Kopassus Ke-1

: [No Image]

:

.

Belanda, 1952-1956

LETNAN KOLONEL IDJON DJANBI

Letnan Kolonel H. Mochammad Idjon Djanbi adalah perintis pasukan elite khusus pertama di Indonesia, bernama Korps Komando Angkatan Darat (KKAD) dibentuk pada 16 April 1952 1945, kemudian berubah menjadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada 1985.

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah bagian dari komando utama tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat yang bertanggung jawab atas pembinaan kesiapan operasional pasukan khusus dan penyelenggaraan operasi khusus. Salah satu operasinya, Operasi Woyla membebaskan penumpang pesawat Garuda dari teroris tahun 1931, dan Operasi Mapenduma membebaskan peneliti ekspedisi lorentz 95 yang disandera kelompok separatis OPM tahun 1996.

.

Komandan Intelijen Pertama RI

Kepala Badan Intelijen Negara Ke-1

: [No Image]

:

.

Aceh, 1923-1993

KOLONEL ZULKIFLI LUBIS

Kolonel Zulkufli Lubis adalah perintis Badan Intelijen pertama di Indonesia, bernama Badan Istimewa (BI) dibentuk pada September 1945, kemudian berubah menjadi Badan Rahasia Negara Indonesia (BRANI) pada 7 Mei 1946.

Badan Intelijen Negara atau disingkat BIN (sebelumnya BRANI) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab atas penyelengaraan fungsi intelijen di dalam negeri dan luar negeri. Salah satu operasinya, menangkap Letkol (Laut) J. B. Soesdarjanto atas kasus spionase pada 4 Februari 1982 serta membekukan kegiatan agen intelijen Uni Soviet di Indonesia.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Tokoh Militer Indonesia Top 5 Tokoh Militer Indonesia Reviewed by Muhammad Rizal on October 27, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments