Top 5 Perdana Menteri Indonesia

 

 

 PERDANA MENTERI INDONESIA

Pencetus Sosialisme Kerakyatan

Perdana Menteri Ke-1

: [No Image]

:

.

Sumatra Barat, 1909-1966

SUTAN SJAHRIR

Sesaat memimpin kabinet, Sutan Sjahrir memimpin delegasi Pemerintah Indonesia dalam proses perundingan Linggarjati dengan Pemerintah Belanda di PBB pada tahun 1946. Hasilnya Pemerintah Belanda hanya mengakui kedaulatan atas Jawa, Sumatra dan Madura kepada Pemerintah Indonesia.

Seusai memimpin kabinet, Sutan Sjahrir mendirikan Partai Sosialis Indonesia (PSI) sebagai partai alternative di pemilu 1955.

.

Pencetus Tentara Rakyat

Perdana Menteri Ke-2

: [No Image]

:

.

Sumatra Utara, 1907 - 1948

AMIR SJARIFUDDIN

Sesaat memimpin kabinet, Amir Sjarifuddin memimpin delegasi Pemerintah Indonesia dalam proses perundingan Renville dengan Pemerintah Belanda di PBB pada tahun 1947. Hasilnya Pemerintah Belanda hanya mengakui kedaulatan atas Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sumatra kepada Pemerintah Indonesia. Serta menarik mundur Tentara Indonesia dari Jawa Barat dan Jawan Timur.

Seusai memimpin kabinet, Amir Sjarifuddin mendirikan Front Demokrasi Rakyat (FDR) pada tahun 1948 sebagai bentuk kekecewaan terhadap Perdana Menteri selanjutnya, Mohammad Hatta dalam kabinet Hatta dengan kebijakan Rekontruksi dan Realisasi (RERA) untuk mengembalikan 100.000 tentara menjadi warga sipil dengan alasan penghematan biaya.

.

Pencetus Ekonomi Kerakyatan

Perdana Menteri Ke-3

: [No Image]

:

.

Sumatra Barat, 1902 - 1980

MOHAMMAD HATTA

Sesaat memimpin kabinet, Mohammad Hatta memimpin delegasi Pemerintah Indonesia dalam proses Konferensi Meja Bundar dengan Pemerintah Belanda di PBB pada tahun 1949. Hasilnya Pemerintah Belanda mengakui sepenuhnya kedaulatan atas Hindia Belanda kepada Pemerintah Indonesia.

Seusai memimpin kabinet, Mohammad Hatta mendirikan Koperasi Indonesia pada 12 Juli 1960 sebagai unit usaha kerakyatan berdasarkan asas kekeluargaan.

.

Pencetus Mosi Integral

Perdana Menteri Ke-5

: [No Image]

:

.

Sumatra Barat, 1908-1993

MOHAMMAD NATSIR

Sesaat memimpin kabinet, Mohammad Natsir melalui Mosi Integral hasil keputusan parlemen menyatukan Indonesia yang terdiri 16 negara bagian pasca Konferensi Meja Bundar kembali membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1950.

Seusai memimpin kabinet, Mohammad Natsir mendirikan sekaligus memimpin Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) sebagai partai berbasiskan ideologi Pan Islamisme pada tahun 1943.

.

Pencetus Deklarasi Djuanda

Perdana Menteri Ke-11

: [No Image]

:

.

Jawa Barat, 1911-1963

DJUANDA KARTAWIDJAJA

Sesaat memimpin kabinet, Djuanda Kartawidjaja melalui Deklarasi Djuanda yan diresmikan menjadi UU No. 04 Prp. Tahun 1960 tentang Perairan Indonesia menyatakan bahwa laut Indonesia adalah laut di sekitar, di antara dan di dalam kepualauan Indonesia menajdi satu kesatuan wilayah NKRI atau dikenal Negara Kepulauan.

Seusai memimpin kabinet, sekitar enam tahun usai mencetuskan Deklarasi Djuanda, Djuanda Kartawidjaja meninggal dunia pada 1 November 1963 di Jakarta akibat serangan jantung. Sebagai bentuk penghormatan, Djuanda Kartawidjaja ditetapkan sebagai Pahlawab Nasional oleh Pemerintah Indonesia dan namanya disematkan di sejumlah fasilitas umum, seperti Bandar Udara Juanda di Surabaya, Stasiun Kereta Api Juanda di Jakarta dan beberapa ruas jalan di Indonesia.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Perdana Menteri Indonesia Top 5 Perdana Menteri Indonesia Reviewed by Muhammad Rizal on October 26, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments