Top 5 Tokoh Cendekiawan Indonesia

 

 

 TOKOH CENDEKIAWAN INDONESIA

Pendiri Organisasi Kepemudaan Pertama

Pendiri Budi Utomo

: [No Image]

:

.

Jawa Timur, 1888-1938

SOETOMO

Soetomo adalah ....

Budi Utomo adalah organisasi pemuda pertama Indonesia yang dibentuk pada 20 Mei 1908. Organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi dan budaya yang didirikan Soetomo bersama pelajar-pelajar Indonesia bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

.

Pendiri Organisasi Sosial Ekonomi Pertama

Pendiri Sarekat Dagang Isla

: [No Image]

:

.

Jawa Tengah, 1836-1891

SAMANHUDI

Samanhudi adalah …

Sarekat Dagang Islam adalah organisasi ekonomi pertama Indonesia yang dibentuk pada 16 Oktober 1905. Organisasi yang bergerak di bidang ekonomi yang didirikan oleh Samanhudi bersama pedagang-pedagang Muslim Indonesia bertujuan untuk menghadapi persaingan-persaingan dagang dengan pedagang-pedagang asing.

.

Pendiri Organisasi Politik Pertama

Pendiri Indische Partij

: [No Image]

:

.

Jawa Timur, 1879-1950

ERNEST DOUWES DEKKER

Ernest Douwes Dekker adalah ….

Indische Partij adalah organisasi politik pertama Indonesia yang dibentuk pada 25 Desember 1912. Organisasi yang bergerak di bidang politik murni yang didirikan Ernest Douwes Dekker bersama tokoh-tokoh bangsa bertujuan untuk membangun rasa patriotisme  terhadap tanah air.

.

Pendiri Organisasi Pendidikan Pertama

Pendiri Taman Siswa

: [No Image]

:

.

Yogyakarta, 1889-1959

KI HADJAR DEWANTARA

Ki Hadjar Dewantara adalah ...

Taman Siswa adalah organisasi pendidikan pertama Indonesia yang didirikan pada 3 Juli 1922. Organisasi yang bergerak di bidang pendidikan yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara bertujuan memberikan pendidikan yang sama bagi pribumi Indonesia.

.

Pendiri Organisasi Perempuan Pertama

Pendiri Sakola Istri

: [No Image]

:

.

Jawa Barat, 1884-1947

DEWI SARTIKA

Dewi Sartika : ...

Sakola Istri adalah sekolah perempuan pertama Indonesia yang didirikan pada 16 Januari 1904. Organisasi yang bergerak di bidang pendidikan yang didirikan oleh Raden Dewi Sartika bertujuan untuk membentuk kesetaraan gender khususnya harkat dan martabat perempuan.

 

 

Referensi dari

www[dot]google[dot]co[dot]id

www[dot]wikipedia[dot]org

 

 

Top 5 Tokoh Cendekiawan Indonesia Top 5 Tokoh Cendekiawan Indonesia Reviewed by Muhammad Rizal on October 28, 2015 Rating: 5

No comments

Recent Posts

Comments